Karya Ilmiah tentang Kenakalan Remaja


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan pertolonganNya, saya dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “KENAKALAN REMAJA”. Saya sadari masih banyak sekali kekurangan yang terdapat dalam karya ilmiah ini, semoga hal ini tidak menghalangi saya untuk terus berkarya. Saya berharap di masa yang akan datang, saya dapat membuat karya ilmiah yang lebih baik lagi.

Di dalam penyusunan karya ilmiah ini, saya banyak mendapat bimbingan dari bapak dan ibu guru di SMP Negeri 1 Sepatan, khususnya guru bahasa Indonesia saya,. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung. Semoga dengan dukungannya dapat menambah kemampuan saya di masa yang akan datang.

Saya berharap karya ilmiah ini dapat mendatangkan inspirasi bagi saya di masa yang akan datang dan juga memberi manfaat bagi pembaca agar lebih meningkatkan kesadaran untuk membaca.

                                                                                                             Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Masalah
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Penelitian
  • Metode Penelitian

BAB II LANDASAN TEORI

2.1. Pengertian Kenakalan Remaja

BAB III PEMBAHASAN

BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

4.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah

Tumbuh kembang remaja pada zaman sekarang sudah tidak bisa lagi dibanggakan.Perilaku kenakalan remaja saat ini sulit diatasi. Baru-baru ini sering kita dengar berita ditelevisi maupun di radio yang disebabkan oleh kenakalan remaja diantaranya tawuran, pemerkosaan yang dilakukan oleh pelajar SMA, pemakain narkoba dan lain-lain.Kehidupan remaja pada masa kini mulai memprihatinkan. Remaja yang seharusnya menjadi kader-kader penerus bangsa kini tidak bisa lagi menjadi jaminan untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Bahkan perilaku mereka cenderung merosot. Oleh karena itu, kami sebagai remaja yang berpendidikan sadar bahwa kenakan remaja harus segera dihilangkan, kami mengangkat permasalahan ini sebagai bahan karya tulis.

 Rumusan Masalah

 Adapun rumusan masalahnya adalah :

  1. Memahami pengertian kenakalan remaja
  2. Mengetahui penyebab kenakalan remaja dan gejala-gejala yang dapat memperlihatkan hal-hal yang mengarah pada kenakalan remaja serta untuk memahami hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menanggulangi kenakalan remaja.

Ruang Lingkup

Dari hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar mulai dari siswa-siswa yang ada disekolah dan siswa-siswa yang tinggal di sekitar lingkungan rumah.

Sumber Data

  • Tinjauan pustaka tentang kenakalan remaja melalui web internet.
  • Pengamatan langsung terhadap perilaku kenakalan remaja.

 Metode Penelitian

Dalam menulis Karya Tulis Ilmiah ini penulis menggunakan metode pengamatan di lingkungan sekitar dan kajian pustaka untuk mendapatkan data informasi.

BAB II

LANDASAN TEORI

A. Pengertian Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Definisi kenakalan remaja menurut para ahli :

  • Kartono, ilmuan sosiologi Kenakalan remaja atau dalam bahasa inggris di kenal dengan istilah juveniledelinquency merupakan gejala patologis pada remaja di sebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial.
  • Santrock “kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat di terima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.” Penelitian yang dilakukan Buhrmester (Santrock, 2004:414) menunjukkan bahwa pada masa remaja kedekatan hubungan dengan teman sebaya meningkat secara drastis, dan pada saat yang bersamaan kedekatan hubungan remaja dengan orang tua menurun secara drastis. Maka dari itu pencarian akan jati diri remaja banyak dihabiskan dengan teman-teman yang seusia dengan mereka. Inilah yang menjadi kekhawatiran sebagian orang tua, yang memiliki anak menginjak remaja. Mereka khawatir anak akan salah pilih teman dalam bergaul.

BAB III

PEMBAHASAN 

Masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan kemudian menjadi orangtua, tidak lebih hanyalah merupakan suatu proses wajar dalam hidup yang berkesinambungan dari tahap-tahap pertumbuhan yang harus dilalui oleh seorang manusia. Setiap masa pertumbuhan memiliki ciri-ciri tersendiri. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Demikian pula dengan masa remaja. Masa remaja sering dianggap sebagai masa yang paling rawan dalam proses kehidupan ini.

Masa remaja sering menimbulkan kekuatiran bagi para orangtua. Masa remaja sering menjadi pembahasan dalam banyak seminar. Padahal bagi si remaja sendiri, masa ini adalah masa yang paling menyenangkan dalam hidupnya. Oleh karena itu, para orangtua hendaknya berkenan menerima remaja sebagaimana adanya. Jangan terlalu membesar-besarkan perbedaan. Orangtua para remaja hendaknya justru menjadi pemberi teladan di depan, di tengah membangkitkan semangat, dan di belakang mengawasi segala tindak tanduk si remaja.

Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahun sampai dengan 18 tahun. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagai kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Mereka sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melalui metoda coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan.

Kesalahan yang dilakukan sering menimbulkan kekhawatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orangtuanya. Kesalahan yang diperbuat para remaja hanya akan menyenangkan teman sebayanya. Hal ini karena mereka semua memang sama-sama masih dalam masa mencari identitas. Kesalahan-kesalahan yang menimbulkan kekesalan lingkungan inilah yang sering disebut sebagai kenakalan remaja.

Jenis-jenis kenakalan remaja

Kenakalan remaja di sekolah Misal :

  • Tidak masuk sekolah tanpa keterangan.
  • Meninggalkan sekolah pada saat jam pelajaran.
  • Membawa senjata tajam ketika sekolah.

Kenakalan remaja di luar sekolah (masyarakat) Misal :

  • Ikut balapan tiar antar geng.
  • Ikut tawuran antar geng.
  • Minum minuman keras.
  • Mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dan lain sebagainya.

Kenakalan remaja di lingkungan keluarga Misal :

  • Tidak mendengarkan nasehat orang tua.
  • Tidak mentaati perintah orang tua.
  • Melanggar norma yang telah di sepakati bersama keluarga.

Penyebab terjadinya kenakalan remaja

Perilaku nakal remaja bias di sebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun dari luar (eksternal)

BAB IV

PENUTUP

4.1. Kesimpulan

  1. Pada dasarnya kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya.
  2. Kenakalan remaja pada zaman sekarang ini disebabkan oleh beberapa faktor. Perilaku nakal remaja disebabkan oleh faktor remaja itu sendiri (internal) maupun fakor dari luar (eksternal).
  3. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
  4. Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya merupakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja.
  5. Anak-anak yang tidak disukai oleh teman-temannya anak tersebut menyendiri. Anak yang demikian akan dapat menyebabkan kegoncangan emosi.

4.2. Saran

  1. Perlu adanya tindakan-tindakan dari pemerintah untuk mengawasi tindakan remaja di Indonesia agar tidak terjerumus pada kenakalan remaja.
  2. Perlunya penanaman nilai moral, pendidikan dan nilai religius pada diri seorang remaja.

DAFTAR PUSTAKA

Kartono, K. (2005). Patologi Sosial 2: Kenakalan remaja. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Santrock, J.W. (2004). Life-Span Development. Ninth Edition. Boston : McGraw-Hill Companies.

About these ads

3 Responses to Karya Ilmiah tentang Kenakalan Remaja

  1. Ping-balik: ibrahimzuldi64

  2. kurang lengkap. seharusnya ada kata pengantar, daftar isi, kesimpulan dan daftar isi.

    Suka

    • Muhamad Yusup mengatakan:

      Mbak Hana, terima kasih untuk koreksinya, sudah dilengkapi dengan kata pengantar, daftar isi dan kesimpulan.Untuk referensi yang lain dengan tema yang sama kaitannya dengan kenakalan remaja dapat dilihat di url http://makalahsekolah.wordpress.com/2015/05/15/makalah-tentang-bahayanya-pergaulan-bebas-di-kalangan-remaja/

      Suka

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.604 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: